![]() [Download Logo] |
Sekolah Pascasarjana UndiknasVISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN |
Nama Perguruan Tinggi | : Universitas Pendidikan Nasional |
SK Pendirian Institusi | : 0253/0/1984, Tertanggal 13 Juni 1984 |
Pejabat yang Menerbitkan SK | : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud RI) |
Nomor SK Pendirian | : 95/DIKTI/Kep/2000, Tertanggal 17 April 2000 |
Pejabat Penandatangan SK Pendirian | : Satryo Soemantri Brojonegoro |
Program Studi yang dikelola | : 1. Program Studi Magister Manajemen (MM) (S2) Download Brosur : 2. Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) (S2) Download Brosur : 3. Program Studi Magister Ilmu Hukum (MH) (S2) Download Brosur : 4. Program Doktor Ilmu Manajemen (PDIM) (S3) Download Brosur |
Direktur | : Prof. Ir. Gede Sri Darma, S.T., M.M., CFP., D.B.A., IPU., ASEAN Eng. |
Visi Sekolah Pascasarjana Undiknas
Unggul dalam menghasilkan lulusan berintegritas, profesional, bertalenta digital, berjiwa entrepreneur, dan berdaya saing global, dengan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dan Tri Hita Karana
Misi Sekolah Pascasarjana Undiknas
1. | Menjalankan pendidikan berkualitas yang dijiwai nilai-nilai Tri Hita Karana; |
2. | Melaksanakan penelitian yang berkualitas yang dijiwai nilai-nilai Tri Hita Karana untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan pendidikan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat; |
3. | Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan dijiwai oleh nilai-nilai Tri Hita Karana sebagai wujud kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat; |
4. | Melaksanakan pengembangan dan penguatan kelembagaan, serta mengimplementasikan tata kelola sesuai prinsip good university governance yang berlaku secara internasional dengan dijiwai nilai-nilai Tri Hita Karana; |
5. | Melaksanakan peningkatan kualitas sumber daya dengan mengacu pada standar internasional dan kemajuan teknologi, dengan tetap berpijak pada nilai-nilai kebijaksanaan lokal; |
6. | Menjalin kerja sama srategis dan berkelanjutan dengan institusi relevan di tingkat internasional, nasional, maupun lokal. |
Tujuan Sekolah Pascasarjana Undiknas
1. | Melaksanakan proses belajar mengajar yang bersifat holistik dan berorientasi pada kemajuan teknologi dengan senantiasa berpedoman pada standar mutu yang tinggi dan praktik terbaikdi tingkat internasional; |
2. | Menghasilkan temuan penelitian yang menghadirkan inovasi mutakhir dalam teori dan praktik keilmuan, yang terpublikasi secara internasional; |
3. | Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui aplikasi hasil riset, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai yang dianut masyarakat; |
4. | Mengembangkan lembaga melalui pembukaan program studi baru yang relevan dengan kebutuhan masyarakat; |
5. | Menguatkan posisi dan legitimasi lembaga di tengah-tengah masyarakat; |
6. | Memastikan terpenuhinya kriteria terbaik dalam akreditasi oleh badan akreditasi nasional, sertamendorongakreditasi program studi oleh badan akreditasi internasional dengan menunjukkan nilai kebijaksanaan lokal sebagai keunikan; |
7. | Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur fisik, infrastruktur teknologi digital, dan sumber daya keuangan secara berkelanjutan dengan beorientasi pada kemajuan teknologi, kualifikasi tingkat internasional, dan nilai-nilai Tri Hita Karana; |
8. | Memperluas jejaring kerja sama dengan institusi di luar negeri, lembaga internasional, institusi tingkat nasional, dan institusi lokal, serta mengoptimalkan pemanfaatan hasil-hasil kerja sama tersebut. |
MILESTONE Sekolah Pascasarjana Undiknas (Tahapan Pencapaian Visi)
Visi Sekolah Pascasarjana Undiknas sebagaimana diuraikan di atas merupakan visi yang bersifat realistis serta dapat diukur dengan andal ketercapaiannya. Ke-realitis-an serta keterukuran visi Sekolah Pascasarjana Undiknas tercermin dalam milestones atau tonggak waktu dan capaian yang sangat jelas dan sistematis, serta menunjukkan tahapan-tahapan pencapaian visi tersebut beserta tolok ukur pencapaian setiap tahapan. Adapun milestones dari visi Sekolah Pascasarjana Undiknas disajikan pada gambar berikut ini.

Saat ini Sekolah Pascasarjana Undiknas sudah mulai menapak pada tataran ASEAN, hal ini dibuktikan dengan terdaftarnya Sekolah Pascasarjana Undiknas sebagai member dari ABEST21 yaitu lembaga akreditasi internasional yang bermarkas di Jepang. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosen Sekolah Pascasarjana Undiknas juga sudah terbit pada publikasi internasional bereputasi. Secara reguler, mahasiswa, dosen, dan karyawan telah terbiasa diberikan enrichment program ke luar negeri (Thailand, Malaysia, Singapore) untuk mengetahui perkembangan yang terjadi ditataran ASEAN. Dalam rangka memperjelas pencapaian visi menjadi Sekolah Pascasarjana Undiknas yang unggul maka ditentukanlah tonggak-tonggak pencapaian milestone yang kemudian dijabarkan sebagai berikut:
1. | Tahun 2018 – 2023 Sekolah Pascasarjana Undiknas akan melakukan penguatan-penguatan daya saing ASEAN dengan cara penguatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi dengan mengadopsi standar tata kelola sesuai badan akreditasi internasional skala ASEAN (ABEST21), bersinergi dengan mitra PT atau instansi luar negeri pada tataran ASEAN dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi, Perekrutan dosen yang memiliki kualifikasi doktor dari Perguruan Tinggi luar negeri yang bereputasi. |
2. | Tahun 2023 – 2028 setelah dapat bersaing pada tataran ASEAN, maka daya saing Sekolah Pascasarjana Undiknas akan lebih ditingkatkan pada tataran ASIA. Hal ini diwujudkan dalam peningkatan kualitas tata kelola program studi dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui pengajuan akreditasi AACSB (lembaga akreditasi skala internasional), penguatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi melalui sinergi dengan perguruan tinggi mitra di negara-negara Asia dengan tidak menutup peluang sinergi dengan perguruan tinggi di kawasan lain (misalnya universitas di Australia, Amerika Serikat, dan Eropa). Mobilitas mahasiswa dan dosen yang intens di tingkat Asia melalui program-program seperti: joint research, joint publication, student exchange serta enrichment program. |
3. | Tahun 2028 – 2033 daya saing pada tonggak ini lebih diperluas lagi pada tataran Asia-Pasifik diwujudkan dalam melanjutkan tahapan-tahapan dalam pengajuan akreditasi pada AACSB dan mengadopsi tata kelola sesuai standar AACSB. Penguatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi melalui sinergi dengan perguruan tinggi mitra di negara-negara Asia-Pasifik. Meningkatkan peringkat Sekolah Pascasarjana Undiknas dalam daftar pemeringkatan business school oleh pemeringkat internasional bereputasi, sehingga bisa posisi top 600 kawasan Asia-Pasifik. |
4. | Pada tahun 2033 – 2038 Sekolah Pascasarjana Undiknas Unggul, yaitu masuk jajaran Program Pascasarjana terbaik di Asia-Pasifik. |
Sasaran dan Strategi Pencapaian Sekolah Pascasarjana Undiknas
Setelah menetapkan visi dan misi yang strategis, realistis dan terukur, maka tujuan dari unit pengelola dapat tersusun dengan baik. Untuk bisa merealisasikan tujuan tersebut, maka unit pengelola Pascasarjana Undiknas Denpasar telah menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mungkin dihadapi melalui analisis SWOT. Dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman tersebut serta dipandu oleh visi dan misi yang terarah, maka selanjutnya ditentukan rencana strategis yang ingin diwujudkan sampai tahun 2038 yaitu:
Sasaran dan Strategi Pencapaian Sekolah Pascasarjana Undiknas