Seminar Nasional | Virtual Capital

Last Update: 2019-03-16    32 views

Kemajuan teknologi dalam era Revolusi Industri 4.0 menjadi salah satu pemicu perubahan yang sangat dahsyat dalam kehidupan manusia saat ini. Perubahan yang acapkali disebut disrupsi ini menggambarkan situasi di mana aktifitas kehidupan manusia tidak lagi linier, melainkan sirkuler dan paradoksal. Situasi di mana aktifitas bisnis telah berubah dari penguasaan cadangan (stock) menjadi peningkatan kelancaran aliran (flow) barang, uang, orang, dan informasi. Perubahan tersebut tidak hanya melanda sektor bisnis yang berorientasi pada profit, tetapi juga sektor publik yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Kebijakan yang bertalian dengan e-KTP, e-Pasport, e-Budgeting, dst adalah contoh dari era disrupsi di sektor publik.

Di tengah arus perubahan yang demikian dahsyat, kebutuhan manusia untuk hidup lebih cepat, mudah, murah, aman dan nyaman nampaknya mulai terpenuhi. Namun untuk bisa bertahan dan berkembang dalam era disrupsi ini, diperlukan modal yang kuat berupa modal virtual atau modal maya yang sarat dengan muatan budaya lokal. Modal yang memberi keunggulan kreatif yang unik dan sulit ditiru pihak lain. Modal virtual meliputi modal intelektual (pengetahuan dan ketrampilan), modal sosial (kepercayaan dan jaringan), serta modal spiritual (moral).

Akhirnya, modal virtual berupa modal intelektual, modal sosial, dan modal spiritual ini perlu dijalankan secara etikal dan efektif di bawah kepemimpinan yang akseptabel, yang bisa memberikan dampak positif pada kinerja yang bermakna. Kepemimpinan transformasional dibutuhkan untuk mengelola modal intelektual. Kepemimpinan sinergistik dibutuhkan untuk mengelola modal sosial dan kepemimpinan visioner dibutuhkan untuk mengelola modal spiritual.

Uraian diatas dipaparkan pada Seminar Nasional dengan topik “Virtual Capital” dengan Pembicara Prof. Dr. Thomas Santoso, Seorang Guru Besar dari Universitas Kristen Petra dan moderator Dr. I Nyoman Subanda.,Drs.,M.Si.

Salam Global . Smart . Digital

#undiknas #UndiknasGraduateSchool #asyikkuliahdiundiknas #SeminarNasional #VirtualCapital


Back to top