GBE | Business Environment and Competitive Strategic

Last Update: 2019-10-26    173 views

Perubahan dalam lingkungan bisnis yang semakin cepat dan sulit diramalkan menyebabkan persaingan menjadi semakin terbuka (free market) dan jumlah pesaing yang semakin meningkat, keadaan ini membuat pelanggan semakin teredukasi dan semakin tinggi tingkat sofistikasinya, dan loyalitas pelanggan semakin sulit didapatkan. Kini konsep pemasaran tidak hanya lagi sebatas selling atau 4P’s saja, tetapi merupakan suatu strategi bisnis bagi perusahaan.

Sebelum merancang suatu strategi bisnis, perlu dilakukan peninjauan terhadap situasi bisnis di masa mendatang dengan menggunakan analisis 4C Diamond yang terdiri dari Change (Perubahan), Customer (Pelanggan), Competitor (Pesaing), dan Company (Perusahaan). 4C Diamond merupakan radar dalam menganalisa berbagai perubahan lanskap di dunia bisnis. Analisa dari 4C tersebut memberikan kita sebuah gambaran tentang profil lingkungan bisnis serta kondisi internal perusahaan. Ketiga faktor pertama merupakan unsur-unsur utama lanskap bisnis, sementara faktor terakhir yaitu Company, adalah berbagai faktor internal perusahaan yang sangat kritikal posisinya dalam penyusunan strategi.

Untuk menciptakan keuntungan dan posisi yang mendukung dalam melawan kekuatan yang menentukan persaingan industri diperlukan adanya suatu strategi yang dikenal dengan strategi kompetitif. Suatu perusahaan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif jika perusahaan mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain. Di dalam industri, persaingan diwujudkan dalam lima kekuatan kompetitif, yaitu masuknya pesaing baru, ancaman subtitusi, kekuatan tawar pembeli, kekuatan tawar penyuplai, dan persaingan diantara kompetitor yang sudah ada. Kelima kekuatan tersebut sangat menentukan tingkat keuntungan industri karena mempengaruhi harga, biaya, dan investasi yang dibutuhkan perusahaan di dalam industri.

Uraian diatas dipaparkan pada mata kuliah General Business Environment (GBE) dengan topik “Business Environment and Competitive Strategic” yang diisi oleh Seorang Guru Besar dari Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Made Sudarma, SE., MM., Ak.

Salam Global . Smart . Digital

#undiknas #UndiknasGraduateSchool #asyikkuliahdiundiknas #general #business #environment #competitive #strategic


Back to top