[Download Logo]

Magister Ilmu Hukum

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN
Nomor SK Pendirian : 501/M/Kp/IX/2015, Tertanggal 10 September 2015
Pejabat Penandatangan SK Pendirian : Mohamad Nasir
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan : Januari 2016
Peringkat (Nilai) Akreditasi : B (Baik)
Nomor SK BAN-PT : 3055/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2018, Tertanggal 13 Nopember 2018
Ketua Program Studi : Prof. Dr. I Nyoman Budiana, S.H., M.Si.

Visi Program Studi Magister Ilmu Hukum

Dengan tetap berpedoman pada visi Program Pascasarjana Undiknas dan Renstra Program Pascasarjana Undiknas, maka dibuatkan visi sebagai berikut:
Menjadikan Insan Magister Hukum Undiknas Yang Smart dalam Penguasaan Ilmu Hukum, Profesional, Berwawasan Global dan Digital dengan Berlandaskan Tri Hita Karana

Misi Program Studi Magister Ilmu Hukum

Berdasarkan pada visi tersebut serta mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dimiliki, maka prodi MH Undiknas mempunyai misi bahwa Lulusan prodi MH Undiknas :
a. Menciptakan iklim dan budaya akademik yang kondusif bagi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu hukum yang relevan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat khususnya di bidang business law, legal of litigation dan state law.
b. Menyelenggarakan Pendidikan Magister Hukum secara professional yang berbasis pada Informasi Teknologi untuk menghasilkan Sarjana Strata Dua (S2) yang kompeten di bidang hukum, mampu bersaing di tingkat nasional dan berwawasan global.
c. Menyelenggarakan pendidikan di bidang hukum yang mampu menghasilkan lulusan yang menguasai dan memahami ilmu hukum dengan sangat baik berlandaskan pada nilai-nilai keTuhanan, nilai-nilai etika, nilai-nilai kemanusiaan dan moral serta mampu bekerjasama dalam tim.
d. Menyelenggarakan penelitian hukum secara periodik terhadap isu-isu hukum lokal, nasional dan global dalam kerangka meningkatkan keahlian melalui penelaahan fenomena hukum sebagai antisipasi pembaharuan hukum.
e. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara periodik dengan tujuan untuk meningkatkan pengenalan, pemahaman dan kesadaran hukum serta kepatuhan masyarakat terhadap keberlakuan peraturan hukum.
f. Memfasilitasi proses pembelajaran pada Magister Hukum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar lulusan mampu memecahkan persoalan hukum aktual dan memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.
g. Melaksanakan berbagai aktivitas hukum yang berkaitan dengan unsur keTuhanan (parahyangan), kemanusiaan (pawongan) dan lingkungan (palemahan) agar menjadi lulusan yang memiliki kualifikasi ilmu hukum yang sangat baik, berkarakter yang baik di sisi etika, moral dan kejujuran berbasis Tri Hita Karana.
h. Menjalin kerjasama melalui jejaring komunitas profesional dalam perspektif global-multikultural.

Tujuan Program Studi Magister Ilmu Hukum

Dalam rangka menjalankan misi, prodi MH Undiknas menetapkan beberapa tujuan strategis dengan rumusan berikut:
a. Menghasilkan lulusan Magister Hukum yang berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi serta karakter yang baik dengan berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
b. Menghasilkan lulusan Magister Hukum yang profesional, objektif, independen dan berkualitas dalam melakukan penelaahan teori hukum dan pemecahan permasalahan hukum.
c. Menghasilkan lulusan Magister Hukum yang tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), dengan tidak meninggalkan nilai kearifan lokal yang masih hidup dan berkembang.
d. Menghasilkan lulusan Magister Hukum yang mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan memiliki keterampilan teknologi, sehingga mampu bersaing di tataran nasional dan global.
e. Menghasilkan lulusan yang menguasai kaidah-kaidah ilmiah dan pengetahuan di bidang hukum dengan sangat baik, sehingga mampu menganalisis serta menemukan cara penyelesaian masalah hukum dalam lingkup keahliannya.

MILESTONE Magister Ilmu Hukum (Tahapan Pencapaian Visi)

Prodi MH yang paling baru pun (ijin pendirian tahun 2015) sudah bersiap untuk bersaing dikancah nasional, bersaing dengan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Tonggak-tonggak pencapaian juga telah disusun agar mutu prodi MH terus meningkat dan mampu bersaing dilingkungan internasional.

1. Tahun 2017 – 2022 prodi MH akan meningkatkan daya saingnya pada tataran nasional yaitu dengan cara meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tingginya dan meraih pengakuan nasional yang lebih baik. Pengakuan tersebut dapat dilihat dari nilai akreditasi yang saat ini sudah dicapai terakreditasi B dari BAN – PT.
2. Tahun 2022 – 2027 prodi MH akan melakukan penguatan daya saing nasional, salah satunya adalah dengan meningkatkan status akreditasi oleh BAN-PT sampai memperoleh nilai terbaik (A) yang dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tata kelola diseuaikan dengan SN DIKTI.
3. Tahun 2027 – 2032 prodi MH diharapkan sudah mampu bersaing pada tataran ASEAN mengikuti jejak dua program studi lainnya, yaitu prodi MM dan prodi MAP. Hal ini dapat dilakukan dengan cara bersinergi dengan mitra perguruan tinggi atau instansi luar negeri dan mengadopsi tata kelola berstandar internasional.
4. Tahun 2032 – 2037 prodi MH diharapkan sudah mampu bersaing di tataran ASEAN dan mulai memasuki persaingan tataran Asia dan akhirnya menjadi 500 prodi terbaik di ASIA pada tahun 2037 – 2042.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Magister Ilmu Hukum

Sasaran dan Strategi Pencapaian Magister Ilmu Hukum

Back to top