[Download Logo]

Magister Manajemen

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN
Nomor SK Pendirian : 95/DIKTI/Kep/2000, Tertanggal 17 April 2000
Pejabat Penandatangan SK Pendirian : Satryo Soemantri Brojonegoro
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan : Juli 2000
Nomor SK Izin Operasional : 7160/D/T/K-VIII/2011, Tertanggal 23 Mei 2011
Peringkat (Nilai) Akreditasi : A (Sangat Baik)
Nomor SK BAN-PT : 201/SK/BAN-PT/Ak-SURV/M/VII/2014, Tertanggal 12 Juli 2014
Ketua Program Studi : Agus Fredy Maradona, Ph.D., CA.

Visi Program Studi Magister Manajemen

Dengan tetap berpedoman pada visi Program Pascasarjana Undiknas dan Renstra Program Pascasarjana Undiknas, maka dibuatkan visi sebagai berikut:
Tahun 2038 menjadi program studi yang unggul di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan dijiwai oleh nilai-nilai Tri Hita Karana untuk menghasilkan sumber daya manusia berintegritas, profesional, berwawasan global dan digital.

Misi Program Studi Magister Manajemen

Berdasarkan pada visi program studi sebagaimana diuraikan di atas, Prodi MM Undiknas merumuskan misi sebagai berikut:
1. Menjalankan pendidikan manajemen yang berkualitas dan dijiwai nilai-nilai Tri Hita Karana guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berintegritas, profesional, berwawasan global dan digital;
2. Melaksanakan penelitian manajemen yang berkualitas dan dijiwai nilai-nilai Tri Hita Karana untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan materi pendidikan, dan kemajuan masyarakat;
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dengan dijiwai oleh nilai-nilai Tri Hita Karana sebagai wujud kontribusi nyata Prodi MM Undiknas Denpasar bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat;
4. Melaksanakan penguatan kelembagaan program studi serta mengimplementasikan tata kelola sesuai prinsip good university governance internasional yang dijiwai nilai-nilai Tri Hita Karana;
5. Melaksanakan peningkatan kualitas sumber daya program studi dengan mengacu kepada standar internasional dan kemajuan teknologi, dengan tetap berpijak pada nilai-nilai kebijaksanaan lokal;
6. Menjalin kerja sama strategis dan berkelanjutan dengan institusi relevan di tingkat internasional, nasional, maupun lokal.

Tujuan Program Studi Magister Manajemen

Sejalan dengan visi dan misi program studi sebagaimana diuraikan di atas, Prodi MM Undiknas merumuskan tujuan sebagai berikut ini:
1. Melaksanakan proses belajar mengajar yang holistik dan berorientasi kemajuan teknologi, dengan senantiasa mengacu pada standar mutu yang tinggi dan best practices di tingkat internasional;
2. Menghasilkan temuan penelitian manajemen yang menghadirkan inovasi mutakhir dalam teori dan praktik manajemen, yang terpublikasi secara internasional;
3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat melalui aplikasi hasil riset manajemen, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai yang dianut masyarakat;
4. Menguatkan posisi dan legitimasi program studi di tengah-tengah masyarakat;
5. Memastikan terpenuhinya kriteria terbaik dalam akreditasi program studi oleh badan akreditasi nasional, serta mewujudkan status terakreditasi oleh badan akreditasi internasional dengan menunjukkan nilai kebijaksanaan lokal sebagai keunikan;
6. 6. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur fisik, infrastruktur teknologi digital, dan sumber daya keuangan program studi secara berkelanjutan, dengan beorientasi pada kemajuan teknologi, kualifikasi tingkat internasional, dan nilai-nilai kebijaksanaan lokal;
7. Memperluas jejaring kerja sama program studi dengan institusi di luar negeri, lembaga internasional, institusi tingkat nasional, dan institusi lokal, serta mengoptimalkan pemanfaatan hasil-hasilnya.

MILESTONE Magister Manajemen (Tahapan Pencapaian Visi)

Visi Prodi MM sebagaimana diuraikan di atas merupakan visi yang bersifat realistis serta dapat diukur dengan andal ketercapaiannya. Ke-realitis-an serta keterukuran visi Prodi MM tercermin dalam milestones atau tonggak waktu dan capaian yang sangat jelas dan sistematis, serta menunjukkan tahapan-tahapan pencapaian visi tersebut beserta tolok ukur pencapaian setiap tahapan. Adapun milestones dari visi Prodi MM Undiknas disajikan pada gambar berikut ini:

Seperti disajikan pada gambar di atas, milestones visi Prodi MM Undiknas meliputi empat fase dengan tahapan waktu yang sangat jelas dan capaian yang terukur. Secara spesifik, milestones visi Prodi MM Undiknas dapat dijabarkan sebagai berikut ini:

1. Tahun 2018 – 2023 Penguatan Daya Saing ASEAN
Fase ini berfokus pada penguatan daya saing Prodi MM di tingkat ASEAN, yang terwujud dalam:
  • Perekrutan dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan doktor dari perguruan tinggi di luar negeri yang bereputasi
  • Peningkatan kualitas program akademik dan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui keanggotaan dalam badan akreditasi internasional (ABEST21 dan AACSB)
  • Penguatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui sinergi dengan perguruan tinggi mitra di negara-negara ASEAN dengan tidak menutup peluang sinergi dengan perguruan tinggi di kawasan lain (misalnya universitas di Australia)
  • Mobilitas mahasiswa dan dosen yang intens di tingkat ASEAN melalui program-program seperti:
    • Joint research
    • Joint publication
    • Student exchange
    • Academic conference
 
2. Tahun 2023 – 2028 Penguatan Daya Saing Asia
Fase ini berfokus pada penguatan daya saing Prodi MM di tingkat Asia, yang terwujud dalam:
  • Perekrutan dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan doktor dari perguruan tinggi di luar negeri yang bereputasi
  • Peningkatan kualitas program akademik dan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui keaktifan dalam keanggotaan badan akreditasi internasional (ABEST21 dan AACSB)
  • Peningkatan kualitas tata kelola program studi dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengajuan akreditasi AACSB
  • Penguatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui sinergi dengan perguruan tinggi mitra di negara-negara Asia dengan tidak menutup peluang sinergi dengan perguruan tinggi di kawasan lain (misalnya universitas di Australia, Amerika Serikat, dan Eropa)
  • Mobilitas mahasiswa dan dosen yang intens di tingkat Asia melalui program-program seperti:
    • Joint research
    • Joint publication
    • Student exchange
    • Academic conference
  • Memastikan Prodi MM termasuk dalam daftar pemeringkatan business school oleh pemeringkat internasional bereputasi (misalnya QS dan Times Higer Education), dan diakui sebagai business school dengan reputasi baik (misalnya termasuk dalam peringkat top 750 dalam QS Ranking)
3. Tahun 2028 – 2033 Penguatan Daya Saing Asia-Pasifik
Fase ini berfokus pada penguatan daya saing Prodi MM di tingkat Asia-Pasifik, yang terwujud dalam:
  • Perekrutan dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan doktor dari perguruan tinggi di luar negeri yang bereputasi, khususnya perguruan tinggi yang termasuk dalam peringkat 300 besar dunia
  • Peningkatan kualitas program akademik dan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui keaktifan dalam keanggotaan badan akreditasi internasional (ABEST21 dan AACSB)
  • Melanjutkan tahapan-tahapan dalam pengajuan akreditasi pada AACSB
  • Penguatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui sinergi dengan perguruan tinggi mitra di negara-negara Asia-Pasifik dengan tidak menutup peluang sinergi dengan perguruan tinggi di kawasan lain (misalnya universitas di Australia, Amerika Serikat, dan Eropa)
  • Mobilitas mahasiswa dan dosen yang intens di tingkat Asia-Pasifik melalui program-program seperti:
    • Joint research
    • Joint publication
    • Student exchange
    • Academic exchange
    • Visiting professor
    • Academic conference
  • Meningkatkan peringkat Prodi MM dalam daftar pemeringkatan business school oleh pemeringkat internasional bereputasi, sehingga bisa posisi top 600 kawasan Asia-Pacific
4. Pada tahun 2033 – 2038 Prodi MM Undiknas Unggul di tingkat Asia-Pasifik:
• Prodi MM Undiknas termasuk ke dalam peringkat 500 besar prostgraduate business school di Asia-Pasifik;
• Prodi MM Undiknas terakreditasi oleh badan akreditasi internasional AACSB)
Fase ini berfokus pada pemantapan langkah-langkah akhir dalam meraih visi, yang terwujud dalam:
  • Diraihnya status Prodi MM yang terakreditasi oleh AACSB
  • Aktivitas yang intens dalam lingkungan global melalui keanggotaan pada badan akreditasi internasional (ABEST21 dan AACSB)
  • Pelaksanaan program tri-dharma perguruan tinggi tingkat internasional melalui sinergi dengan perguruan tinggi mitra di negara-negara Asia-Pasifik, Eropa, Amerika, dan kawasan lain
  • Mobilitas mahasiswa dan dosen yang intens di tingkat Asia-Pasifik maupun di kawasan lain di dunia melalui program-program seperti:
    • Joint research
    • Joint publication
    • Student exchange
    • Academic exchange
    • Visiting professor
    • Academic conference
  • Meningkatkan peringkat Prodi MM dalam daftar pemeringkatan business school oleh pemeringkat internasional bereputasi, sehingga meraih peringkat top 500 Asia-Pasifik

Sasaran dan Strategi Pencapaian Magister Manajemen

Sasaran dan Strategi Pencapaian Magister Manajemen

Back to top