ID

INSTITUTE FOR QUALITY ASSURANCE & ACCREDITATION (EQUAL)

        Sekolah Pascasarjana Undiknas Denpasar selalu mengedepankan mutu, dimana proses penjaminan mutu tersebut dilakukan oleh unit yang disebut Institute for Quality Assurance and Accreditation (EQUAL). Institute for Quality Assurance and Accreditation (EQUAL) adalah lembaga penjaminan mutu akademik internal yang dibentuk di lingkungan Undiknas Denpasar. Lembaga ini bekerja secara profesional untuk membantu Universitas Pendidikan Nasional Denpasar dalam mencapai visi sebagai ”Pusat Unggulan Penjaminan Mutu PTS di Kawasan Indonesia Bagian Timur yang diperhitungkan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”.

        Institute of Quality Assurance and Accreditation (EQUAL) memiliki tanggungjawab langsung kepada Rektor Undiknas. Institute for Quality Assurance and Accreditation (EQUAL) bertugas membantu rektor dalam hal melakukan perencanaan, melaksanakan dan mengevaluasi jaminan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mutu pendidikan, pengajaran dan penelitian serta pelaksanaan akreditasi internal.
        Proses penjaminan mutu akademik di Undiknas Denpasar dilaksanakan secara berjenjang dari aras universitas sampai ke Fakultas dan Prodi. Institute for Quality Assurance and Accreditation (EQUAL) bertugas memonitoring perencanaan dan pengendalian terhadap proses akademik pada Program Studi dan membentuk sistem penjaminan mutu pada setiap program studi sehingga pelaksanaannya tertata dengan baik dan terdokumen dengan rapi. Proses jaminan mutu ini dilaksanakan melalui kegiatan monev (monitoring dan evaluasi) proses belajar mengajar secara berkelanjutan. Aktivitas yang dilakukan Institute for Quality Assurance and Accreditation (EQUAL) salah satunya adalah memeriksa absensi kehadiran mahasiswa dan berita acara perkuliahan. Selain itu juga melakukan analisis dari hasil evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM) yang dilakukan untuk setiap mata kuliah. Hasil analisis tersebut kemudian digunakan untuk melakukan perbaikan untuk selalu meingkatkan kualitas proses belajar mengajar (PBM). Institute for Quality Assurance and Accreditation (EQUAL) yang terbukti bekerja secara profesional dalam rangka menjamin mutu di lingkungan Undiknas Denpasar, pada tahun 2012 telah meraih predikat sebagai Lembaga Penjaminan Mutu percontohan nasional (SK Dikti No. 25/HK/2012).


VISI, MISI DAN TUJUAN KERJA

VISI
Badan ini bercita-cita untuk menjadi sebuah lembaga penjaminan mutu akademik internal yang profesional untuk membantu Universitas Pendidikan Nasional Denpasar dalam mencapai visi sebagai ”Pusat Unggulan Penjaminan Mutu PTS di Kawasan Indonesia Bagian Timur yang diperhitungkan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”.

MISI
Untuk mencapai cita-cita tersebut Quality Asurance and Accreditation (EQUAL) bertanggung jawab untuk mengemban misi sebagai berikut:
  • Mendorong sumberdaya manusia di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar agar selalu memiliki kesadaran dan tanggungjawab akan budaya mutu akademik,
  • Meningkatkan kompetensi EQUAL secara terus menerus dalam menangani penjaminan mutu akademik secara profesional, bersahabat dan berwibawa,
  • Mendorong menciptakan, mengembangkan dan memelihara secara terus menerus sistem penjaminan mutu akademik di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.
  • Menyesuaikan standar akademik maupun non akademik dengan standar-standar yang diberlakukan pada perguruan tinggi di ASEAN UNIVERSITY NETWORK QUALITY ASSURANCE (AUN-QA)

TUJUAN
Seluruh kegiatan EQUAL bertujuan untuk :
  • Menjamin mutu pelaksanaan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, bertanggungjawab, mampu bersaing di tingkat Nasional maupun ASEAN.
  • Menjamin mutu penelitian (research) dan pelayanan sosial (community service) yang berbobot dan bermanfaat bagi masyarakat di tingkat nasional dan ASEAN
  • Meningkatkan perbaikan sistem manajemen mutu akademik dan non Akademik secara sustainable di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar sesuai dengan tuntutan Masyarakat ASEAN.

NILAI DASAR
Dalam menjalankan tugasnya, EQUAL selalu menjunjung tinggi nilai-nilai:
  • Keunggulan
  • Integritas
  • Keterbukaan (Transparansi)
  • Kebangsaan
  • Kemanusiaan

KONSEP
  • Pengertian mutu secara umum adalah kesesuaian dengan standar, kesesuaian dengan harapan stakeholder atau pemenuhan janji yang telah diberikan, Mutu pendidikan di UNDIKNAS dimengerti sebagai pencapaian tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan sesuai rencana strategis dan standar akademik. Pencapaian tujuan ini menyangkut aspek masukan, proses, dan keluaran serta nilai dan derajat kebaikan, keutamaan, dan kesempurnaan (degree of excellence).
  • Mutu pendidikan di UNDIKNAS bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan UNDIKNAS mampu secara terus-menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial-budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di UNDIKNAS juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana/prasarana, organisasi, dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat (baik orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, maupun masyarakat luas).
  • Sistem penjaminan mutu akademik di UNDIKNAS dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan.
  • Hal ini berarti bahwa sistem penjaminan mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam Spesifikasi Program Studi. Dengan demikian universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi program studi.

CAPAIAN PRESTASI EQUAL

Telah berhasil membangun system dan mengimplementasikan dengan sukses, system manajemen serta mampu memfasilitasi di masing-masing program studi dengan mengadakan sosialisasi isian borang dan sasaran mutu program studi di setiap fakultas.


NILAI AKREDITASI

No. Program Studi Program Pendidikan Didirikan Tahun Peringkat Akreditasi Nomor SK Akreditasi
1 AIPT   1969 Baik Sekali No. 578/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2023
2 Manajemen S1 1984 Unggul No. 567/DE/A.5/AR.10/VIII/2023
3 Akuntansi S1 1984 A No. 6853/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020
4 Ilmu Hukum S1 1984 A No. 2509/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2022
5 Ilmu Komunikasi S1 1984 Baik No. 1974/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2021
6 Ilmu Administrasi Negara S1 1984 B No. 1730/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2022
7 Teknik Sipil S1 1984 B No. 5959/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2021
8 Teknik Elektro S1 1984 B No. 3000/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019
9 Teknologi Informasi S1 2020 Baik No. 9093/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2021
10 Program Profesi Insinyur Profesi 2019 Baik No. 5935/SK/BAN-PT/Ak.KP/PP/IX/2022
11 Destinasi Pariwisata D4 2022 Baik No. 5946/SK/BAN-PT/Ak.P/STr/IX/2022
12 PJJ Manajemen S1 2022 Baik No. 6054/SK/BAN-PT/Ak.P/S/IX/2022
13 Magister Manajemen S2 2000 A No. 1224/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2019
14 Magister Administrasi Publik S2 2007 A No. 2281/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/IV/2020
15 Magister Ilmu Hukum S2 2015 B No. 4449/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/M/X/2023
16 Doktor Ilmu Manajemen S3 2022 Baik No. 4036/SK/BAN-PT/PB-PS/D/VII/2022

DOKUMEN EQUAL

No. Nama Dokumen Kode Dokumen
1 Manual Prosedur Audit Mutu Internal (AMI) MP-UND/AMI-001
2 Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UNDIKNAS-PEMA-01.01
3 Manual Mutu UNDIKNAS-PEMA-01.02
4 Kompetensi Lulusan STD/SPMI/A.01
5 Isi Pembelajaran STD/SPMI/A.02
6 Proses Pembelajaran Universitas STD/SPMI/A.03
7 Penilaian Proses Pembelajaran STD/SPMI/A.04
8 Dosen dan Tenaga Kependidikan STD/SPMI/A.05
9 Sarana dan Prasarana Pembelajaran STD/SPMI/A.06
10 Pengelolaan Pembelajaran STD/SPMI/A.07
11 Pembiayaan Pembelajaran STD/SPMI/A.08
12 Hasil Penelitian STD/SPMI/B.09
13 Isi Penelitian STD/SPMI/B.10
14 Proses Penelitian STD/SPMI/B.11
15 Penilaian Penelitian STD/SPMI/B.12
16 Peneliti STD/SPMI/B.13
17 Sarana dan Prasarana Penelitian STD/SPMI/B.14
18 Pengelolaan Penelitian STD/SPMI/B.15
19 Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian STD/SPMI/B.16
20 Hasil Pengabdian STD/SPMI/C.17
21 Isi Pengabdian Pada Masyarakat STD/SPMI/C.18
22 Proses Pengabdian Pada Masyarakat STD/SPMI/C.19
23 Penilaian Proses Pengabdian Pada Masyarakat STD/SPMI/C.20
24 Pelaksana Pengabdian STD/SPMI/C.21
25 Sarana dan Prasarana Pengabdian STD/SPMI/C.22
26 Pengelolaan Pengabdian Masyarakat STD/SPMI/C.23
27 Pendanaan dan Pembiayaan Pengabdian Pada Masyarakat STD/SPMI/C.24
28 Beban SKS Efektif Program Studi STD/SPMI-A3/D.25
29 Buku dan Sumber Belajar STD/SPMI-A3/D.26
30 Kalender Akademik STD/SPMI-A3/D.27
31 Kompetensi Tenaga Kependidikan STD/SPMI-A5/D.28
32 Kualifikasi Akademik Dosen STD/SPMI-A5/D.29
33 Kualifikasi Akademik Tenaga Kependidikan STD/SPMI-A5/D.30
34 Lahan STD/SPMI-A6/D.31
35 Sertifikat Keahlian Tenaga Kependidikan STD/SPMI-A5/D.32
36 Sertifikat Keahlian Dosen dan Karyawan STD/SPMI-A5/D.33
37 Ruang Pimpinan, Dosen, TU & Kantin STD/SPMI-A6/D.34
38 Ruang Perpustakaan STD/SPMI-A6/D.35
39 Ruang Laboratorium STD/SPMI-A6/D.36
40 Ruang Kuliah STD/SPMI-A6/D.37
41 Ruang Ibadah, Olah Raga dan Berkreasi STD/SPMI-A6/D.38
42 Rasio Dosen-Mahasiswa STD/SPMI-A5/D.39
43 Ruang Tempat Lain Untuk Menunjang Proses Pembelajaran STD/SPMI-A6/D.40
44 Perencanaan Proses Pembelajaran STD/SPMI-A6/D.41
45 Peralatan Ruang Laboratorium STD/SPMI-A3/D.42
46 Peralatan Ruang Kuliah STD/SPMI-A6/D.43
47 Peralatan Ruang Kantor STD/SPMI-A6/D.44
48 Peralatan Perlengkapan Lain STD/SPMI-A6/D.45
49 Peralatan Pendidikan STD/SPMI-A6/D.46
50 Pengelolaan Rencana Kerja Tahunan STD/SPMI-A8/D.47
51 Pengelolaan Rencana Kerja Menengah STD/SPMI-A8/D.48
52 Pengelolaan Operasional STD/SPMI-A8/D.49
53 Pengelolaan Keuangan STD/SPMI-A8/D.50
54 Pengelolaan Akademik STD/SPMI-A3/D.51
55 Pengawasan Proses Pembelajaran STD/SPMI-A3/D.52
56 Pembiayaan Personal Mahasiswa STD/SPMI-A8/D.53
57 Pembiayaan Operasional Perguruan Tinggi STD/SPMI-A8/D.54
58 Pembiayaan Investasi Perguruan Tinggi STD/SPMI-A8/D.55

Back to top