INSTITUTE OF QUALITY ASSURANCE & ACCREDITATION (QitA)

        Program Pascasarjana Undiknas Denpasar selalu mengedepankan mutu, dimana proses penjaminan mutu tersebut dilakukan oleh unit yang disebut Institute of Quality Assurance and Accreditation (QitA).  Institute of Quality Assurance and Accreditation (QitA) adalah lembaga penjaminan mutu akademik internal yang dibentuk di lingkungan Undiknas Denpasar.  Lembaga ini bekerja secara profesional dalam membantu Undiknas Denpasar guna mencapai visinya sebagai pusat unggulan akademik di PTS Wilayah VIII yang diunggulkan ditingkat Nasional dan juga tingkat internasional. Adapun fungsi dari Institute of Quality Assurance and Accreditation (QitA) Undiknas ini adalah :

  1. Menjamin kualitas mutu pelaksanaan bidang pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang profesional, bertanggungjawab, mempunyai daya saing tingkat nasional maupun tingkat internasional, dan mampu mengembangkan diri.
  2. Menjamin kualitas mutu penelitian (research) dan pengabdian kepada masyarakat (community service) yang bernilai tinggi dan mempunyai manfaat dalam pengembangan teori maupun aplikasi dalam masyarakat.
  3. Meningkatkan perbaikan sistem manajemen mutu akademik di lingkungan Undiknas Denpasar secara kontinyu.

        Institute of Quality Assurance and Accreditation (QitA) memiliki tanggungjawab langsung kepada Rektor Undiknas. Institute of Quality Assurance and Accreditation (QitA) bertugas membantu rektor dalam hal melakukan perencanaan, melaksanakan dan mengevaluasi jaminan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mutu pendidikan, pengajaran dan penelitian serta pelaksanaan akreditasi internal.
        Proses penjaminan mutu akademik di Undiknas Denpasar dilaksanakan secara berjenjang dari aras universitas sampai ke Fakultas dan Prodi. Institute of Quality Assurance and Accreditation (QitA) bertugas memonitoring perencanaan dan pengendalian terhadap proses akademik pada Program Studi dan membentuk sistem penjaminan mutu pada setiap program studi sehingga pelaksanaannya tertata dengan baik dan terdokumen dengan rapi. Proses jaminan mutu ini dilaksanakan melalui kegiatan monev (monitoring dan evaluasi) proses belajar mengajar secara berkelanjutan. Aktivitas yang dilakukan Institute of Quality Assurance and Accreditation (QitA) salah satunya adalah memeriksa absensi kehadiran mahasiswa dan berita acara perkuliahan. Selain itu juga melakukan analisis dari hasil evaluasi dosen oleh mahasiswa (Edom) yang dilakukan untuk setiap mata kuliah. Hasil analisis tersebut kemudian digunakan untuk melakukan perbaikan untuk selalu meingkatkan kualitas proses belajar mengajar (PBM). Institute of Quality Assurance and Accreditation (QitA) yang terbukti bekerja secara profesional dalam rangka menjamin mutu di lingkungan Undiknas Denpasar, pada tahun 2012 telah meraih predikat sebagai Lembaga Penjaminan Mutu percontohan nasional (SK Dikti No. 25/HK/2012).


VISI, MISI DAN TUJUAN KERJA.
Badan ini bercita-cita untuk menjadi sebuah lembaga penjaminan mutu akademik internal yang profesional untuk membantu Universitas Pendidikan Nasional Denpasar dalam mencapai visinya sebagai Pusat Unggulan Akademik di PTS Wilayah VIII yang diperhitungkan secara Nasional.
Untuk mencapai cita-cita tersebut LPM bertanggung jawab untuk mengemban misi sebagai berikut:
  • Mendorong sumberdaya manusia di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar agar selalu memiliki kesadaran dan tanggungjawab akan budaya mutu akademik,
  • Meningkatkan kompetensi LPM secara terus menerus dalam menangani penjaminan mutu akademik secara profesional, bersahabat dan berwibawa,
  • Mendorong menciptakan, mengembangkan dan memelihara secara terus menerus sistem penjaminan mutu akademik di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.
Seluruh kegiatan LPM bertujuan  untuk :
  • Menjamin mutu pelaksanaan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, bertanggungjawab, mampu bersaing di tingkat Nasional dan mampu mengembangkan diri,
  • Menjamin mutu penelitian (research) dan pelayanan sosial (community service) yang berbobot dan bermanfaat bagi masyarakat di tingkat nasional,
  • Meningkatkan perbaikan sistem manajemen mutu akademik secara terus menerus di lingkungan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

NILAI DASAR.
Dalam menjalankan tugasnya, LPM selalu menjunjung tinggi nilai-nilai:
  • Keunggulan
  • Integritas
  • Keterbukaan (Transparansi)
  • Kebangsaan
  • Kemanusiaan

KONSEP
  • Pengertian mutu secara umum adalah kesesuaian dengan standar, kesesuaian dengan harapan stakeholder\ atau pemenuhan janji yang telah diberikan, Mutu pendidikan di UNDIKNAS dimengerti sebagai pencapaian tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan sesuai rencana strategis dan standar akademik. Pencapaian tujuan ini menyangkut aspek masukan, proses, dan keluaran serta nilai dan derajat kebaikan, keutamaan, dan kesempurnaan (degree of excellence).
  • Mutu pendidikan di UNDIKNAS bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan UNDIKNAS mampu secara terus-menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial-budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di UNDIKNAS juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana/prasarana, organisasi, dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat (baik orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, maupun masyarakat luas).
  • Sistem penjaminan mutu akademik di UNDIKNAS dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan.
  • Hal ini berarti bahwa sistem penjaminan mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam Spesifikasi Program Studi. Dengan demikian universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi program studi.

Dokumen Kerja LPM

Dokumen

Download

Standar Operational Procedure (SOP) Pascasarjana Undiknas Download
Bagan Alir SOP Pascasarjana Undiknas Download
Manual Mutu Pascasarjana Undiknas Download
Standar Mutu Jurusan Pascasarjana Undiknas Download
Buletin LPM Quanas Download
Analisis Jabatan Download
MONEV UAS Pascasarjana Undiknas.xls Download
Laporan Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Pascasrjana Undiknas Download

Back to top